Wakil Bupati Asahan Tutup MTQ dan Asahan Expo

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 55 di Gedung Tahfiz Qur’an. Wabup juga menutup Asahan Expo dalam rangka Hari Jadi ke 78 Asahan di Alun-Alun Rambate Rata Raya, Selasa (30/4/2024) malam.

Asisten I Buwono Prawana SIP MSi dalam laporannya mengatakan kedua kegiatan ini berjalan lancar. MTQ memperlombakan 9 cabang yaitu Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Syarhil, Khattil, Qira’at, Tafsir, Karya Tulis dan Hifzhil Hadits. Peserta berjumlah 771 orang dari 25 Kecamatan. Peserta terbaik diberikan piagam, trophy dan uang.

Sementara Asahan Expo dikuti 25 stand pameran dengan 15.000 pengunjung. Ada 150 jenis produk yang dipamerkan dan transaksi 300 juta. Khusus stand pameran OPD dan Kecamatan telah dinilai dewan juri dari pihak independen.

Wabup  mengatakan dalam MTQ pemenang terbaik satu Tilawatil Qur’an golongan dewasa putera/puteri dan Hifzil Qur’an golongan 30 juz putera/puteri mendapatkan tambahan ongkos Umroh. Asahan Expo dalam rangka Hari Jadi ke 78 Asahan memamerkan kerajinan lokal, kuliner lokal dan menggambarkan secara visual mengenai perkembangan pembangunan, budaya dan adat istiadat di Asahan.

“Ini semua dilakukan sebagai bentuk upaya promosi perkembangan pembangunan dan produk-produk Asahan. Diharapkan Asahan Expo dapat terus diadakan sebagai bentuk merefleksikan perkembangan pembangunan daerah dan hasil produk lokal”, kata Wabup.

Wabup mengingatkan, baik kepada pemenang maupun yang belum berhasil, tetaplah semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al-Qur’an dan membudayakannya dalam kehidupan sehari-hari .

“Bagi peserta pameran marilah kita terus berinovasi guna menyuguhkan perkembangan dan kemajuan yang kita pamerkan kedepan”, kata Wabup.

Biaya umroh tahun ini diraih Siti Aisyah dari Kecamatan Sei Kepayang sebagai juara pertama cabang tilawah golongan dewasa putri.

Azroi Sitorus dari Kecamatan Sei Kepayang juara pertama tilawah golongan dewasa putra.

Al Mizan Ridho dari Kecamatan Tanjung Balai juara pertama cabang Hifzil golongan 30 juz putra. Juara umum MTQ ke 55 diraih Kecamatan Sei Kepayang.

Reporter|Adenan.

Related posts

Leave a Comment